Episode ~ 6

Thursday, March 22, 2007

“Oh God! Lu ikutan pengajian? Keren banget. Dan gue rasa lu makin bisa narik perhatian Tito. Setelah Tito tunduk ama lu, saatnya Adel yang dibikin nurut,” Benny lumayan kaget ketia Adhit cerita kalo dia ikut bersama Tito di pengajian.

“Maksud, Lu?” Adhit heran.

“Balik ke tujuan awal, Adhit. Lu pengen macarin Adel kan? Nah, setelah sukses nalukin Tito, yang sekarang bisa dianggap sebagai bodyguardnya Adel, lu bisa bebas macarin Adel tanpa takut Tito bakal ngapa – ngapain ke elu.”

“Udah?” tanya Adhit sinis.

“Kok lu mo marah marah sama gue Dhit?”

“Omongan lu tuh nggak lu pikir dulu. Gue capek! Gue lagi banyak masalah. Nggak usah nambah beban. Lagian, bahas – bahas pacaran. Gue bete banget!” Adhit marah juga akhirnya.

“Dhit! Kok lu malah kepengaruh sama Tito. Gue bilangin! Lu nggak usah munafik. Tujuan lu ngedeketin Tito bukan buat lu ikut – ikutan Tito. Sekali lagi gue ingetin. Gue nih temen lu dari kecil Dhit. Gue pengen bantu lu, tapi lu malah marah – marah ke gue.”

“Sorry Ben. Kayaknya gue nggak mau debat ama lu. Please, tinggelin gue. Gue lagi pengen sendiri.”

“Terserah lu. Gue cuman pengen bantu.”

Benny keluar dari kelasnya Adhit dengan wajah kusut dan berpapasan dengan Tito yang kebetulan baru datang.

“Benny napa Dhit?” tanya Tito yang kemudian duduk di sebelah Adhit. “antum berantem?”

Adhit hanya diam.

“Dhit, antum lagi punya masalah? Cerita donk. Biar ane bisa bantu nyelesain.”

Adhit masih diam.

“Gimana? Ok, kalo emang belom pengen cerita. Antum bisa cerita ke ane kapan – kapan. Besok, lusa, atau bulan depan, ane siap nampung kok. Atau antum bisa qhodoya sama Mas Huda. Curhat gitu. Insya Allah beliau lebih bijak nanggepin permasalahan yang sering terjadi sama remaja.”

“To, jujur kalo sebenernya gue naksir berat sama Adel. Sampe – sampe gue pengen macarin Adel. Sekarang gue bener – bener punya masalah yang menurut gue lumayan besar buat gue selesaikan. Tapi gue belum bisa cerita sekarang. Nggak apa – apa kan?” akhirnya Adhit buka suara.

“Ya udah. Ane siap nampung kapan aja kok.”

* * *

“Assalamu’alikum.”

“Wa’alaikum salam.”

Adhit kaget bukan kepalang ketika Adel membukakan pintu rumah Tito.

“Titonya ada?” tanya Adhit tanpa menoleh ke Adelia.

“Adhit. Masuk yuk.” Ajak Tito yang baru keluar dari kamar mandi.

Adhit menuju ruang tamu namun kemudian menarik tangan Tito.

“Di kamar. Boleh kan ,To?”

Tito lumayan heran dengan sikap sobatnya ini, namun kemudian mengangguk pelan.

Mereka berdua berjalan menuju kamar Tito, kemudian Adhit menghempaskan tubuhnya ke atas kasur.

“To, puterin nasyid donk.” Pinta Adhit.

Tito makin heran lagi. Walaupun tangannya kemudian meraih kaset nasyidnya Hard kemudian memutarnya di compo.

“Gue mo curhat sama lu, To. Gue pengen nagih janji lu. Lu siap kapan aja kan?”

Tito mengangguk pelan.

“Gue lagi punya masalah, seperti yang gue bilang sama lu tempo hari,” Adhit mulai bercerita. “Nggak tau kenapa, setelah gue ikut lu ke pengajian kemaren, gue ngerasa nemu jati diri gue yang sebenarnya. Malam itu juga gue nggak bisa tidur. Gue bingung, risau, dan.... nggak bisa gue lukiskan sama kata – kata. Gue inget ketika lu ngomong kalo kita mesti menghargai waktu kita yang masih lowong, bukan buat hal – hal yang nggak penting yang malah bikin kita jauh dari Tuhan.”

Adhit berdiri kemudian duduk di dekat jendela. Matanya memandang keluar terlihat sendu.

“Dulu, gue ngerasa paling hebat. Gue bisa ngelakuin apa aja. Tapi syukur, gue nggak sampe ikut – ikutan temen nyicip narkoba. Kehidupan kelam gue jalani. Gue nggak peduli orang mo ngomong apa tentang gue. Sampai, gue ketemu Adel. Cewek yang bisa bikin gue dan pandangan gue tentang hidup berubah. Yah, walaupun sebelumnya gue emang udah mulai ngerasa kalo gue mesti berubah. Gue pengen seperti temen – temen yang laen, dicintai, dikasihi. Gue jadi sering lihat program – program TV tentang cinta, baca cerita cinta. Dan Adel, cinta pertama gue.”

“Gue bener – bener jatuh cinta, dan pengen banget Adel jadi pacar gue. Gue siap ngelakuin apa aja buat ngedapetin Adel. Salah satunya dengan narik perhatian elo,” Adhit menoleh pada Tito. “Lu nggak marah kan To?”

Tito menggeleng.

“Tapi, Tuhan bener – bener sayang pada gue. Dia ngingetin gue, kalo hidup gue di dunia cuma sementara. Kalo gue mesti mengisi hari – hari gue yang nggak sebentar di dunia ini dengan sesuatu yang lebih bermakna hingga gue memahami artinya hidup, buat beribadah padaNya.”

“Ehm.... udah siap jadi kiai neeh,” Tito senyum bercanda.

Adhit melototi temannya ini.

“Afwan, biar suasananya nggak terlalu tegang or serius gitu loh.”

Ha.. ha... ha... keduanya tertawa riang.

“Eh, tapi lu bener juga To. Kayaknya gue emang cocok jadi kiai gitu dech.”

“Tunggu dulu!”

Tito kemudian keluar kamar, namun beberapa kemudian masuk lagi dengan sepiring pisang goreng.

“Buatan Adel, lho.” Goda Tito. “Oya, lanjutin lagi. Antum belum selesai cerita khan?”


© By Sa'idurrohman 2006


0 comments: