Episode ~ 2

Wednesday, March 21, 2007

Sudah satu bulan Adhit dirawat di RS Husada Insani Pangkalpinang. Selama jangka waktu tersebut pula teman – temannya bergantian menjenguknya. Dan hari ini, Adhit sudah dipastikan bisa meninggalkan kamar yang beraroma obat yang selalu membuatnya ingin segera pulang.

Selain mama dan papanya, ada Benny, Tito dan..... hampir saja Adhit melonjak kegirangan, Adelia. Walaupun masih dipapah oleh Bang Roni, namun melihat Adelia, Adhit jadi lebih semangat untuk berjalan tanpa tongkat di tangannya.

“Assalamu’alaikum,” sapa Tito.

Adhit cuma nyengir kuda, sambil tetap menatap Adelia.

“Dhit! Kok salamnya Tito nggak lu jawab?” Benny mengibas – ngibaskan tangannya didepan wajah Adhit.

“Eh...Oh...” Adhit Kagok. “Pagi...”

“Lho...lho....bukannya tadi salamekum,” Benny yang memang keturunan chinese belum bisa mengucapkan salam khas muslim itu.

Adelia berjalan meninggalkan keluarga tersebut.

* * *

“To, lu nggak pernah bilang ke gue kalo Adelia sepupu lu?” tanya Adhit selepas jam pelajaran Pak Ardhi.

“O...jadi itu akhwat yang bikin antum keder dan berubah drastis?” Tito balik nanya lagi.

“Kok balik nanya? Jawab dulu pertanyaan gue...” desak Adhit.

Tito diam sejenak.

“Adel juga baru pindah bulan kemaren. Dan pas antum mo nembak Adel, dia baru beberapa hari di sekolah ini.” Tito memasukkan buku PPKn-nya kemudian mengeluarkan buku Matematika dari tasnya. “Dia baru pindah dari Palembang. Kasihan, orang tuanya selalu pindah – pindah tempat tinggal. Maklum, Abinya tentara.” Lanjut Tito lagi. “Ohya, kok kita jadi ngomongin akhwat sih?”

“Nggak pa – pa lagi. Tapi.....”

“Selamat pagi anak – anak...” belum sempat Adhit melanjutkan kata – katanya, ibu Mangatur guru matematika telah masuk ke dalam kelas.

“Pagi bu...” serempak seisi kelas menjawab salam guru tergendut di SMA Setia Budi tersebut.

“Eh Adhit. Sudah sembuh?” sapa Bu Mangatur Genit.

“Ibu gimana sih? Kalo dah di sini ya pasti Adhit udah sembuh, Bu. Kalo masih sakit, yang Pasti Adhit nggak bakal di sini,” jawab Adhit sewot karena kesal bu Mangatur selalu menggodanya.

Tito menyikut tangan Adhit.

“Ibu selalu tanya keadaan antum, Dhit. Setiap hari,” bisik Tito.

“Oh!!!” Adhit terpekik.

Pelajaran matematika. Adhit sangat senang dengan mata pelajaran ini awalnya. Namun, sejak guru yang mengajar matematika diganti dengan Bu Mangatur, semangat Adhit turun drastis. Walaupun ibu Mangatur pintar, cara penyampaian kepada siswa sulit untuk diterima.

Logat batak yang selalu mengalir deras dari mulut beliau menambah penurunan semangat belajar Adhit dalam pelajaran Matematika.

Bel tanda pulang telah berbunyi. Bu Mangatur meninggalkan kelas, diikuti riuhnya suara siswa IPA 3. Adhit berjalan beriringan dengan Tito.

“Oh ya. To, lu nggak pulang bareng Adel?” Adhit membuka percakapan.

“Ane harus mengatar Adel pulang setiap hari sekarang.”

“Tiap hari? Gimana kalo gue aja?”

“Ye......Maunya? Adel nggak bakal mau diantar sama orang yang belum dikenalnya. Apalagi antum yang tadinya berniat ngegaet dia.”

“Oh ya To. Gue mo nanya?”

“Nanya apa?”

“Lu tadi nyebut – nyebut Adel kawat. Apaan tuh?”

“Ha...ha...ha...” Tito tertawa lebar. “Kayaknya setelah kecelakaan pendengaran antum jadi rusak juga.”

“Ih! Enak aja. Gue nggak tuli tau!”

“Tadi bukan kawat. Tapi Akhwat. Akhwat iu sebutan untuk seorang muslimah seperti Adel.” Tito mangambil cokelat dari tasnya sambil terus berjalan beriringan menuju tempat parkir. “Mau?” tawarnya.

Adhit mengambil beng – beng dari tangan Tito, membukanya dan mengunyah cokelat tersebut.

“Jangan – jangan antum juga nggak tau apa itu muslimah?” selidik Tito.

Adhit menggeleng pelan.

“Ampun, deh. Besok kerumah ane aja yuk,” ajak Tito.

“Ada Adel nggak?”

“Adel lagi. Insya Allah besok, Adel mau bantu ibu masak buat arisan sorenya di rumah ane.”

“Yes!! Mau banget, To. Bilangin Adel dandan yang rapi ya. Arjuna mo dateng. Bye...” Adhit berlari meninggalkan Tito setelah melihat lambaian tangan Benny didepan pintu gerbang.

Tito hanya geleng – geleng kepala dengan tingkah temannya itu.

“Dhit, pedekate lu keren banget. Sekarang lu ngedeketin Tito, sepupunya Adel.” Seru Benny disela deruman suara sepeda motornya.

“Ih, emangnya gue mo pacaran sama Tito. Gue kan sukanya ma Adel, bukan Tito.”

“Oon lu. Maksud gue, strategi lu bagus banget, bego. Sekarang lu ngedeketin Tito aja. Pura – pura ngerubah diri gitu. Semakin lu deket ma Tito, lu bisa makin dekat sama Adel. Lu bisa tau hobi dan semua yang disukai Adel juga.”

“Iya, tapi kan gue sukanya bukan ke Tito.”

“Ya Ampun! Dasar bolot! Nggak ngerti – ngerti juga. Maksudnya, lu ngedeketin Tito buat narik perhatian Adel. Nah, karena liat pergaulan lu dan berubah, dan ngikutin gayanya Tito yang kampungan, anggapan Adel sama lu bakal berubah.”

“No! Masa gue harus ngerubah penampilan jadi kampungan kayak Tito. Yang bener aja. Gue dah ke Salon terkenal di Pangkalpinang buat ngerubah penampilan gue biar kelihatan lebih cool. En’ sekarang gue musti balik 180 derajat jadi cowok kampung. Amit – amit deh.”

Benny mendesah pelan.

“Dasar! Gara – gara kecelakaan jadi bloon gini nih anak,” desahnya.

“Sialan! Lu bilang apa? Bloon?”

“Lagian. Lu nggak ngerti – ngerti juga. Telo alias telat loading.”

“Lu juga. Ngomong yang jelas kek. Kan nggak bikin gue ngambang kaya gini.”

“Ya udah, gini aja.” Benny menepikan sepeda motornya ke arah gerobak batagor Bandung.

“Turun! Kita makan dulu,” ajaknya kemudian.

* * *

“Hello....Assalamu’alaikum,” teriak Adhit dari luar.

Kree..k. pintu dibuka.

“Alaikum salam,” suara seorang gadis yang menyambut Adhit.

“A..Adel. kok disini?” gagapnya Adhit kambuh lagi.

Adelia hanya diam. Setelah membuka pintu rumah, ia masuk ke dalam lagi tanpa menghiraukan pertanyaan – pertanyaan Adhit.

“Assalamu’alaikum. Dah lama Dhit?” tanya Tito yang baru saja keluar kamar.

“Alaikum salam,’ Adhit menuju sofa ruang tamu. “Kok Adel sinis gitu sih, To?” tanya kemudian.

“Sinis?” Tito heran. “Ntar juga antum ngerti.”

“Ngomong – ngomong lu mau ngajak gue ngapain kesini?”

Tito berjalan ke dalam kamar.

“Masuk yuk,” ajaknya.

Adhit mengikuti langkah Tito menaiki tangga menuju kamar Tito yang di lantai dua.

“Ane punya buku bagus nih,” Tito mengeluarkan buku bersampul pink dari rak bukunya dan kemudian melemparkannya ke tempat tidur, dimana Adhit membaringkan tubuhnya.

“Apaan?”

“Nggak terlalu tebal plus enak dibaca. Dijamin antum nggak bakalan nyesel baca tu buku. Ane juga punya bagian keduanya. Tapi baca yang itu dulu.”

Adhit meraih buku tersebut, melihat covernya dan mendesis pelan.

Nikah dini. Kerennn!!!

“Apa – apaan? Lu nyuruh gue kawin? Enak aja. Masak masa muda gue harus dihabisin buat ngurusin anak orang.”

“Masih banyak yang lain. Ini...ini....ini....” Tito mengluarkan buku – buku lain dari rak bukunya. NPSP, Kenapa Harus pacaran?, dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya ada 9 buku dan bertema remaja.

“Nggak gitu. Antum baca dulu. Bahasannya menarik dan emang perlu buat kita – kita. Satu hal lagi.” Tito duduk di sebelah Adhit. “Buku – buku ini, Adel yang ngasih ke ane. Sebagai hadian milad ane kemaren,” bisiknya.

Adhit mengernyitkan keningnya. Bingung. Dia yang malas membaca harus melahap buku – buku tebal. Apalagi bertema pernikahan.

0 comments: